Langsung ke konten utama

5 tips Optimasi instagram untuk tingkatkan penjualan

Jika anda ingin memulai bisnis online ataupun sudah menjalankanya, dan instagram menjadi salah satu yang anda pilih. Namun ada masalah, yaitu penjualan yang tidak pernah naik atau bahkan menurun. Berikut ini saya menyajikan 5 tips optimasi akun instagram anda untuk jualan online.

1. BUAT AKUN INSTAGRAM YANG SESUAI KATA KUNCI

Jika anda masih pemula di bisnisonline cara ini sangat saya rekomendasikan. Dengan mengunakan akun instagram dengan kata kunci maka tingkat clossingnya akan lebih tinggi jika di banding dengan akun yang mengunakan brand.
Contoh sederhannya seperti ini. Misalkan saya akan berjualan parfum via instagram, kemudian saya membuat akun instagram dengan nama “Jual Parfum Origianal”. Maka jika orang mengetik kata kunci “Jualparfum“, “Parfum Origianal” dan “Jual Parfum Original” maka akun saya akan muncul di menu pencarian Instagram. Berbeda halnya jika anda mengunakan nama akun yang tanpa kata kunci misalkan nama akun instagram anda adalah Kanza Store.
Apakah itu salah?

Oh tidak saya tidak bilang itu salah, namun jika anda mengunakan nama tersebut maka misal ada orang yang mengetik “Jual Parfum” maka akun anda tidak akan muncul di pencarian.

2. MAKSIMALKAN FUNGSI HASHTAGS

Anda tentu  sudah sangat akrab dengan yang namanya hashtag atau tagar ‘#’. Penggunaan hashtags sendiri terkadang memang sudah salah kaprah dan bergeser dengan sebagaimana fungsinya yang sesungguhnya. Hashtag sendir sejatinya di ciptakan dengan fungsi tersendiri yaitu untuk memfokuskan atau mengelompokkan tema atau topik informasi.
Dengan mengunakan hashtags yang tepat maka akan membuat akun anda semakin populer sehingga orang akan tertarik dengan akun anda dan menjadi followers anda.

3. UPLOAD FOTO DAN VIDEO YANG MENARIK

Ini adalah bagian yang paling penting. Dengan adanya foto dan video yang menarik akan membuat konsumen suka dan tertarik. Jika sudah begitu maka kemungkinan clossingnya juga semakin besar. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa Instagram adalah media sosial berbasisi visual. Ini mirip dengan kita membuat status kalau di facebook dan membuat twett kalau di twitter.Ya anda tidak harus selalu sewa fotografer handal juga sih, paling tidak anda dalam mengambil fotonya tidak asal-asalan.

Anda bisa melakukan sedikit editing dengan aplikasi editor atau anda bisa juga mengunakan  fasilitas edit dan filter bawaan dari Instagram. Tentu foto tersebut akan terlihat lebih bagus dan menarik

4. BANGUN KOMUNIKASI DAN KEDEKATAN DENGAN KONSUMEN

Ini sama seperti kalau misalkan Anda punya toko fisik atau toko offline, Anda tentu harus pintar-pintar menjaga interaksi dengan calon konsumen. Sehingga calon konsumen akan betah dan tidak pindah ke akun Instagram yang lain. Intinya, Anda benar-benar menjawab komentar-komentar  yang di tanyakan oleh calon konsumen ke foto yang anda upload, terlebih jika komentarnya mulai menanyakan soal produk seperti harga, ongkos kirim dll.Selain itu anda harus rajin juga melakukan komentar dan like di foto akun followers anda. Jadi Intinya anda harus selalu ramah agar konsumen merasa nyaman dan betah dengan anda.

5. SAMBUNGKAN DENGAN AKUN SOSIAL MEDIA LAIN

Setiap orang tentu punya banyak akun media sosial namun tentu mereka punya akun media yang menjadi favorit. Sehingga meskipun kita punya banyak media sosial, tapi mungkin hanya satu atau dua saja yang paling sering kita buka.

Karena itulah menyambungkan akun instagram anda ke akun-akun sosial media yang lain menjadi sangat penting. Sehingga jika ada orang-orang yang mungin jarang membuka instagram ia akan tetap mendapatkan informasi apa yang kita jual. Selain itu jika anda meng-connect-kan akun instagram dengan media sosial yang lain tentu itu akan membuat anda tidak perlu repot-repot lagi  mem-posting foto yang sama berkali-kali. Anda akan meghemat waktu sekaligus hemat kuota.

Tag: optimasi instagram, untuk jualan, jualan di instagram, sosial media

Komentar